Belanda di Mataku

05.39 Edit This 0 Comments »

Belanda terdengar sangat familiar di telingaku. Buyutku dulu menikah dengan warga negara Belanda tapi sekarang aku tak tahu lagi kabar saudaraku di sana.

Setahuku Belanda terkenal dengan kincir anginnya. Kincir angin (windmollen) adalah sebuah mesin berbentuk kipas yang digerakkan oleh tenaga angin untuk menghasilkan tenaga listrik. Di negaraku Indonesia, sumber tenaga listrik dari kincir angin belum banyak berkembang. Padahal menurutku, tenaga dari kincir angin sangat ekonomis dan sayang sekali jika tidak dimaksimalkan penggunaanya.

Makanan yang terkenal dan saya sering makan yang berasal dari Belanda adalah Holland Bakery. Tak jauh dari rumah saya ada toko roti tersebut. Toko itu belum lama berdiri namun saya sudah mengkonsumsi produknya sejak saya kecil.

What kind of Dutch? saya sendiri pun belum pernah pergi kesana tapi bila ada kesempatan, saya ingin sekali kesana. Setelah saya mencari tahu, belanda itu tidak hanya ada kincir angin tapi ada kostum ala Belanda, bunga tulip, dan sandal khas Belanda yang tebuat dari kayu. Orang Belanda punya kebiasaan mengendarai sepeda, maka tak heran udara disana jauh dari polusi.

0 komentar: